Manfaat penggunaan fungsi Autosum, Product dan Sumproduct, Mix, Max

 AUTOSUM

Auto sum pada microsoft excel adalah menu yang berfungsi untuk melakukan perhitungan secara otomatis adapun fungsi-fungsi menu yang terdapat pada auto sum adalah Sum yaitu menu yang berfungsi melakukan penjumlahan secara otomatis dalam satu range, Avaerage yaitu menu yang berfungsi untuk menghitung rata-rata secara otomatis dalam satu range, Count Number adalah menu yang berfungsi untuk mengitung jumlah data secara otomatis dalam satu range, Max adalah menu yang berfungsi untuk mencari nilai terbesar / nilai maksimal secara otomatis dalam satu range, Min adalah menu yang berfungsi untuk mencari nilai terkecil / nilai minimal dalam satu range, sedangkan untuk menggunakan fungsi lainnya bisa kita gunakan dan klik pada menu more function. adapun langkah-langkah menggunakan fungsi menu Auto Sum adalah sebagai berikut.

Tutorial/Langkah-langkah menggunakan Fungsi Auto Sum Pada Microsoft Excel
Contoh/Example :
1. Buka aplikasi Microsoft Excel
2. Buatlah Tabel sederhana dengan judul "PENJUMLAHAN BILANGAN" dengan isian tabel No, Bilangan,Jumlah,Rata-Rata,Nilai Minimal, Nilai Maksimal, Jumlah Data.
3. Klik tab menu home
4. Arahkan kursor ke grup menu Editing
5. Klik Auto Sum
6. Klik Sum pada kolom penjumlahan, klik average pada kolom rata-rata, klik min pada kolom nilai minimal, klik max pada kolom nilai maksimal, klik couunt number pada kolom jumlah data.
Izinformasi.blogspot.com7. Lihat Hasilnya.


SUM


Fungsi ini artinya adalah menjumlahkan, jadi fungsi Sum dalam Microsoft Excel digunakan untuk menjumlahkan isi data berupa angka dalam range tertentu penulisannya. Penulisan FUNGSI SUM dalam Microsoft Excel adalah =SUM ( Cell awal :Cell Akhir ), maksudnya kita disini akan menjumlahkan Cell dari cell awal ke cell akhir. Untuk lebih memahami perhatikan gambar dibawah ini.
Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN DAN COUNT dalam Microsoft Excel Kita gunakan Fungsi SUM untuk menghitung Total Nilai. Maka kita akan menjumlah Cell dari B2 sampai ke B11, sehingga Penulisan Fungsi Sum dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut.

= SUM ( B2 : B11)

Kemudian Tekan Enter. Itulah gunanya Fungsi Sum Dalam Microsoft Excel

Setetalah penulisannya benar kemudian tekan enter.

MAX

Fungsi Max dalam Microsoft Excel digunakan untuk mencari data tertinggi dari suatu range. Fungsi Max ini digunakan untuk mencari nilai tertingi dalam suatu kelas. Penulisan Fungsi Max dalam Microsoft excel adalah sebagai berikut. =MAX ( CELL RANGE PERTAMA : CELL RANGE TERAKHIR )
Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN DAN COUNT dalam Microsoft Excel Pada gambar diatas kita dapat mencari nilai tertinggi dengan menggunakan fungsi Max dalam Microsoft Excel, caranya Pada gambar diatas Range nilai tertinggi adalah antara B2 sampai B11. Sehingga Penulisan Fungsi tersebut adalah sebagai berikut.

= Max ( B2 : B11)

Setelah menuslih fungsi max dengan benar, setelahnya adalah menekan enter.

MIN

Fungsi Min dalam Microsoft Excel adalah kebalikan dari Fungsi Max, fungsi ini digunakan untuk mencari data terendah dari suatu range. Penulisan fungsi Min dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut. =MIN ( CELL RANGE PERTAMA : CELL RANGE TERAKHIR )
= Min ( B2 : B11)
Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN DAN COUNT dalam Microsoft Excel 

PRODUCT

Fungsi PRODUCT mengalikan semua angka yang diberikan sebagai argumen dan mengembalikan hasil kali. Misalnya, jika sel A1 dan A2 berisi angka, Anda dapat menggunakan rumus =PRODUCT(A1, A2) untuk mengalikan dua angka itu. Anda juga dapat melakukan operasi yang sama dengan menggunakan operator matematika perkalian (*); misalnya, =A1 * A2.
Fungsi PRODUCT berguna saat Anda perlu mengalikan banyak sel sekaligus. Misalnya, rumus =PRODUCT(A1:A3, C1:C3) sama dengan =A1 * A2 * A3 * C1 * C2 * C3.


Sintaks

PRODUCT(number1, [number2], ...)
Sintaks fungsi PRODUCT memiliki argumen ini:
  • number1    Diperlukan. Angka atau rentang pertama yang ingin Anda kalikan.
  • number2, ...    Opsional. Angka atau rentang tambahan yang ingin Anda kalikan, maksimum sampai 255 argumen.
Catatan: Jika argumen berupa array atau referensi, hanya angka dalam array atau referensi itu saja yang dikalikan. Sel kosong, nilai logika, dan teks dalam array atau referensi diabaikan.
SUMPRODUCT adalah salah satu rumus dari kategori formula Matematika dan Trigonometri. Rumus ini berfungsi untuk melakukan penjmlahan dan sekaligus perkalian terhadap data dalam suatu array atau range. Rumus SUMPRODUCT bisa digunakan untuk menentukan nilai suatu data dengan menggunakan kriteria-kriteria tertentu.

SUMPRODUCT

 

Sintaks rumus SUMPRODUCT adalah

  • =SUMPRODUCT(array1, [array2], [array3], …)

 Keterangan :
• Array1, Argumen array pertama yang datanya ingin Anda kalikan lalu tambahkan.
• Array2, array3,…, Argumen array 2 sampai 255 yang datanya ingin Anda kalikan lalu tambahkan. Dan seterusnya.
 • Semua array harus mempunyai bentuk dimensi atau data yang sama
Sintaks rumus tersebut jika dilihat melalui function argument adalah sebagai berikut:
function argument rumus sumproduct

Penggunaan Rumus Excel SUMPRODUCT
Contoh 1, menentukan nilai dari 2 data atau Array
Contoh rumus sumproduct

 Data 1 dan Data 2 pada contoh di atas jika di jumjlah total dengan rumus Sumproduct maka hasilnya adalah 101, dengan argument sebagai berikut:
(A4*B4)+(A5*B5)+(A6*B6)+(A7*B7)+(A8*B8)
atau jika di tulis angkanya adalah
(5*4)+(4*8)+(2*9)+(8*3)+(1*7)
Maka hasilnya secara keseluruhan adalah
101
Adapun bentuk penulisan rumus Sumproduct pada data di atas adalah
B12=SUMPRODUCT(A4:A8;B4:B8)

Contoh 2, Sumproduct dengan kriteria
Contoh rumus sumproduct dengan kriteria

Bentuk penulisan rumus mencari jumlah penumpang jurusan Surabaya-Jakarta adalah
D16=SUMPRODUCT(-(B7:B13=B16);-(C7:C13=C16);D7:D13)


 Manfaat penggunaan fungsi-fungsi diatas adalah untuk mempermudah melakukan perhitungan sehingga pengerjaan data lebih cepat dan efisien.

http://sakuonline.blogspot.com/2017/03/rahasia-terkini-merapu-penghasilan.html?m=1


Komentar