Pengenalan Microsoft Word, Menu dan Fungsi Menu MIcrosoft Word

Pengertian Microsoft Word
Pengertian Microsoft Word adalah sebuah program yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi sebagai perangkat lunak pengolah kata meliputi membuat, mengedit, dan memformat dokumen. Perangkat lunak pengolah kata atau word processing adalah program yang digunakan untuk mengolah dokumen berupa teks misalnya surat, kertas kerja, brosur, kartu nama, buku, jurnal, dan lain-lain.



·         Interface Ms. Word
1.      Quick access toolbar : untuk mengakses icon-icon umum dengan cepat.
2.      Titlebar : menampilkan nama file dan nama aplikasi yang sedang aktif.
3.      Control size button : tombol untuk mengatur tampilan jendela. <Dari kiri ke kanan>
a.       Minimize : untuk menyembunyikan jendela ke taksbar
b.      Maximize : untuk membuat layar jendela program penuh layar. Dan ada juga restore untuk mengembalikan bentuk ukuran menjadi seperti semula.
c.       Close : untuk menutup program.

4.      Ribbon : untuk menampilkan icon icon yang tersedia pada program. <akan dibahas satu persatu>
5.      Ruler : sebagai penggaris yang dapat membatu dalam membuat sebuah paragraf.
6.      Lembar kerja : tempat untuk mengetik isi dokumen.
7.      View Ruler : untuk menampikan atau menyembunyikan ruler.
8.      Scroll bar : untuk menggulung dokumen. Ada yang vertikal (untuk atas/bawah) dan ada yang horizontal (kiri/kanan)
9.      Find icon : untuk membuat arah pencarian ke atas atau ke bawah dokumen.
10.  Status bar : untuk menampilkan status yang terjadi pada lembar kerja. Seperti :
a.       Page : menampilkan informasi halaman
b.      Words : menampilkan banyaknya kata yang telah ditulis.
c.       Tampilan view : untuk menampilkan mode tampilan lembar kerja
d.      Zoom : untuk mengatur ukuran dari lembar kerja.
·         Icon-icon pada Ms. Word 2010
1.      File : sub-sub perintah yang berkaitan dengan dokumen
a.       Save : untuk menyimpan dokumen yang telah dibuat
b.      Save as : untuk menyimpan dokumen dengan nama yang bebeda <dengan catatan ada dokumen yang sudah pernah disimpan sebelumnya>
c.       Open : untuk membuka dokumen yang pernah disimpan.
d.      Close : untuk menutup lembar kerja < bukan keluar dari lembar kerja atau menutup aplkasi>


e.      Info : untuk memberi tahu tentang informasi dokumen mulai dari jumlah dokumen, size dokumen, dan sebagainya.
f.       



Recent : untuk menampilkan dokumen yang sebelumnya dibuka dalam waktu dekat.
g.      New : untuk membuat dokumen baru. Di dalamnya terdapat dokumen template untuk membuat dokumen sesuai template yang disediakan.


h.     



Print : untuk mencetak dokumen menjadi HandOut.
i.         Save & Send : untuk menyimpan dokumen dalam bentuk web atau mengirim dokumen secara langsung melalui e-mail atau juga menyimpan dokumen dalam bentuk PDF/XPS.



j.        



Help : untuk memberi informasi tentang produk microsoft.
k.       Option : untuk men-setting tampilan/fitur pada ms. Word


Izinformasi.blogspot.com
2.      Home : sub-sub menu yang berhubungan dengan pengeditan




a.       Grup clipboard :
1.               Cut : untuk memindahkan suatu karakter ke posisi yang lain
2.               Copy : untuk menduplikat suatu karakter ke posisi yang lain
3.               Format painter : meng-copy format-an dalam suatu karakter ke dalam posisi yang lain
4.               Paste : manampilkan hasil dari cut dan copy

b.      Grup Font : berhubungan dengan format text <dari kiri atas sampai kanan bawah>
1.               Font style : untuk menentukan jenis huruf.
2.               Font size : untuk menentukan ukuran huruf.
3.               Grow Font : untuk membuat tulisan diperbesar
4.               Shrink font : untuk membuat tulisan diperkecil
5.               Change Case : untuk mengubah teks secara kapital atau huruf kecil.
6.               Clear Formating : untuk menghapus semua format pada sebuah tulisan.
7.               Bold : untuk mempertebal text
8.               Italic : untuk mempermiring tulisan.
9.               Underline : untuk membuat text bergaris bawah.
10.            Strikethrough : membuat tanda coret atau garis ditengah text.
11.            Superscript : untuk membuat karakter lebih kecil dan bertempat diatas seperti pemangkatan.
12.            Text Effect : untuk memberi efek atristik pada teks yang dipilih.
13.            Text Highlight Color : memberikan latar warna pada text yang dipilih seperti stabile
14.            Font Color : mengubah warna dari text.


c.       Grup Paragraph :
1.            Bullets : memberi tanda bullet pada paragraf yang dipilih.
2.            Numbering : memberi penomoran pada paragraf yang dipilih.
3.            Multilevel list : membuat list tingkatan pada setiap number.
4.            Decrease indent (ctrl+shift+m) : mengurangi tata letak dengan menggeser text ke kiri
5.            Increase indent (ctrl+m) : menambah tata letak degan menggeser text ke kanan.
6.            Sort : untuk mengurutkan data.
7.            Show paragraph marks (ctrl+*): untuk menampilkan atau menyembunyikan tanda paragraf.
8.            Align text left (ctrl+L) : untuk membuat paragraf rata liri.
9.            Align text centre (ctrl+e) : untuk membuat paragraf rata tengah.
10.         Align text right (ctrl+R) : untuk membuat paragraf rata kanan.
11.         Justify (ctrl+J) : untuk membuat text rata kanan-kiri
12.         Line and Paragraph spacing (space 1 :ctrl+1 ; space 1,5 : ctrl+5 ; space 2 : ctrl+2) : untuk mengatur jarak dari antar baris text.
13.         Shading : mengatur warna background text yang terpilih.
14.         Border : untuk membuat garis tepi pada text yang dipilih

d.      Grup Styles (Ctrl+Shift+Alt+S) :




1.     Heading styles (Heading1 : ctrl+alt+1 ; Heading2 : ctrl+alt+2 ; Heading3 : : ctrl+alt+3) : memberikan tipe-tipe text yang dapat dipilih.
2.       Change styles : pengatur tema paragraf.

e.      Grup Editing :
1.        Find (ctrl+f) : untuk mencari text yang ingin dicari dalam dokumen sesuai input yang dibuat.
2.       Replace (ctrl+h) : untuk mencari dan mengganti text tertentu sesuai input yang sudah dibuat
3.       Select : untuk memilih objek atau text yang dipilih.

3.     



Insert : berhubungan dengan penyisipan
a.       Grup Pages
1.     Cover pages : untuk membuat jenis halaman sampul
2.       Blank page : membuat page kosong yang baru.
3.         Page break : memisahkan suatu halaman file dokumen.
b.      Grup Tables
1.     Insert table : untuk menyisipkan table.
2.       Draw table : menyisipkan table dengan cara melukisnya di dokumen
3.         Convert text to table : menjadikan text tertentu berada di alam table.
4.         Excel spread sheet : menyisipkan table dalam bentuk lembar kerja excel.

5.       Quick table : untuk menyisipkan table instan yang sudah disediakan oleh microsoft wordnya.
c.       Grup Illustration :
1.     Picture : menyisipkan gambar ke dokumen yang ada dikoputer.
2.       Clip art : menyispikan gambar yang sudah disediakan oleh program.
3.         Shapes : untuk menyispikan gambar dalam bentuk bagunan < balok>
4.         Smartart : menyisipkan gambar dalama bentuk organisasi
5.       Chart : untuk menyisipkan diagram.
6.         Screenshoot : untuk mengambil gambar dari layar.

d.      Grup Links :
1.     Hyperlink : untuk meng-link-kan sebuah text ke tempat lain
2.       Bookmark : untuk memberi tanda pada halaman.
3.         Cross-reference : untuk membuat refrensi antar file.

e.      Grup Header & Footer :
1.     Header : untuk mengatur bagian atas dalam dokumen.
2.       Footer : untuk mengatur bagian bawah dalam dokumen.
3.         Page number : untuk mengatur halaman pada dokumen.

f.        Grup Text :
1.     Text box : untuk menyisipkan box dengan diisi text
2.       Quick parts : digunakan untuk mengatur text secara otomatis.
3.         Wordart : untuk menyisipkan text bergaya artistik.
4.         Dropcap : untuk membuat huruf dari awalan paragraf lebih besar.
5.       Signature Line : untuk menyisipkan tanda tangan secara digital.
6.         Date & time : menyisipkan tangal dan waktu terkini.
7.          Object : digunakan untuk menyisipkan objek dengan extensi Object Linking Embeded (*.OLE)

g.      Grup Symbols :
1.     Equation : untuk menyisipkan simbol-simbol dalam bidang matematika dan sains.
2.       Symbol : untuk menyisipkan karakter khusus.



4.      Page Layout :





a.       Grup Themes :
1.     Themes : untuk membuat tampilan tema pada Microsoft lebih menarik.
2.       Colors : untuk membuat warna themes menjadi sesuai warna yang kia pilih.
3.         Fonts : untuk memilih font yang kita inginkan dalam themes
4.         Effects : untuk memberi efek pada gambar yang akan muncul di themes tersebut.


b.      Grup Page Setup :
1.     Margins : untuk menentukan ukuran dari masing- masing margin <dari left, right, top, buttom>.
2.       Orientation : untuk mengubah orientasi lembar kerja.
3.         Size: digunakan untuk mengatur ukuran dari kertas.
4.         Colomns : untuk membuat page yang dipilih berkolom.
5.       Breaks : untuk mengatur tampilan halaman pada dokumen.
6.         Line numbers : untuk mengatur penomoran dalam dokumen <dalam artian kuantitasnya>.
7.          Hyphenation : untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis atau secara manual.

c.       Page Background :
1.     Watermark : menambah watermark ke latar belakang dokumen.
2.       Page color : untuk mengubah warna latarbelakang dokumen.
3.         Page borders : untuk menambah perbatasan pada dokumen.

d.      Grup Paragraph :
1.     Left : untuk menentukan batas indent kiri pada paragraf.
2.       Right : untuk menentukan batas indent kanan pada paragraf.
3.         Before : untuk membuat jarak antar baris sebelum baris yang dipilih.
4.        After : untuk membuat jarak antar baris sesudah baris yang dipilih.

e.        Grup Arrange :
1.     Position : untuk menentukan posisi gambar.
2.       Wrap text : untuk memberi posisi gambar sesuai keinginan kita.
3.         Bring forward : membuat gambar ke depan.
4.         Send backward : membuat gambar ke belakang.
5.       Selection Pane : membuat seleksi pada gambar.
6.         Align : membuat gambar rata kiri/kanan/tengah.
7.          Group : untuk menyusun beberapa gambar menjadi sebuah grup gambar.
8.            Rotate : untuk memutar gambar.

5.      References :

a.       Grup Table Of Contents :
1.     Table of contents : digunakan untuk membuat daftar isi.
2.       Add text : mengelolah paragraf yang digunakan untuk dapat dikaitkan dengan daftar isi yang dibuat.
3.         Update table : untuk memperbarui daftar isi.


b.      Grup Footnotes
1.     Insert footnote : untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan)
2.       Next footnote : untuk menuju ke footnote selanjutnya atau endnote.
3.         Insert Endnote : untuk menyisipkan suatu informasi yang terdapat pada dokumen.
4.         Show notes : menampilkan lokasi catatan footnote ataupun endnote.

c.       Grup Citations & Bibliography :
1.     Insert citation : untuk menyisipkan kutipan langsung pada text.
2.       Manage sources : untuk mengelolah segala sumber kutipan yang mungkin disisipkan pada semua lembar.
3.         Sytle : untuk memilih bibliography yang diinginkan.
4.         Bibliography : untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen.

d.      Grup Captions
1.     Insert caption : untuk membuat keterangan pada gambar atau ilustrasi yang disisipkan.
2.       Insert table of figures : daftar isi dari gambar yang disisipkan.
3.         Update table : untuk memperbarui daftar isi table gambar yang sudah ada.
4.         Cross-reference : menyisipkan refrensi dengan tanda silang.

e.      Grup Index :
1.     Mark entry : menandai adanya masukan baru dalam dokumen.
2.       Insert index : untuk menyisipkan data index dalam dokumen.
3.         Update index : untuk memperbarui daftar index yang telah ada.

f.        Grup Table Of Authorities :
1.     Mark citation : untuk menandai kutipan pada text.
2.       Insert table of Authorities : untuk membuat daftar dari nama-nama pengarang.
3.         Update table : untuk memperbarui table of authorities.






6.      Mailings :


a.       Grup Create :
1.     Envelopers : untuk membuat amplop.
2.       Labels : untuk membuat alamat atau tulisan pada amplop tersebut.





b.      Grup Start Mail Marge :
1.     Start mail marge : Untuk membuat mail dengan lebih dari satu
2.       Select Recipents : untuk memilih peserta mail.
3.         Edit recepients list : mengedit daftar peserta mail.


c.       Write & Insert Fields :
1.     Highlight merge fields : untuk membuat efek stabilo pada text.
2.       Addres block : untuk membuat balok pada bagian alamat.
3.         Greeting line : untuk menyisipkan kalimat pembuka dalam surat.
4.         Insert merge field : untuk membuat tempat baru bagi bagian mail yang baru.
5.       Rulers : penggaris untuk memberi tahukan jarak.
6.         Match fields : untuk menyamakan daftar dalam mail.
7.          Update labels : untuk membarui isi dari label.


 
d.      Preview Result :
1.     Preview Result : untuk melihat amplop sebelum dicetak.
2.     Find recipient : mencari letak dari salah satu peserta.
3.     Auto check for error : mencek setiap kalimat yang ada dengan tata penulisan sebuah bahasa.

e.      Grup Finish :
1.     Finish & Marge : untuk mencetak atau mengirim semua mail.



7.      Review :




a.       Grup Proofing :
1.     Spelling & Grammar : mengecek segala penulisan tata bahasa pada dokumen.
2.       Research : mencari sebuah kalimat dalam sebuah buku.
3.         Thesaurus : untuk melihat rincian kata pada dokumen.
4.         Word count : menghitung semua kata yang terdapat dalam dokumen.

b.      Grup Language :
1.     Translate : untuk mengubah sebuah kata atau kalimat ke bahasa lain.
2.       Language : mengatur dalam grammar dokumen.


c.       Grup Comments :
1.     New Comment : membuat komentar baru pada sebuah kata.
2.       Delete : menghapus komentar yang terdapat pada sebuah kata.
3.         Previous : melihat komentar sebelumnya.
4.         Next : melihat komentar sesudahnya.


d.      Grup Tracking :
1.     Track Changes : membuat kita dapat mengetahui dokumen yang pernah diubah (suting).
2.       Show Markup : melihat secara keseluruhan pada dokumen yang diedit.
3.         Reviewing Pane : melihat semua perubahan yang pernah ada.

e.      Grup Changes :
1.     Accept : menerima perubahan yang pernah disuting oleh orang lain.
2.       Reject : menolak perubahan oleh orang lain.

f.        Grup Compare
1.     Compare : untuk membandingkan dua versi dokumen, sesudah di-suting maupun yang belum.

g.      Grup Protect :
1.     Block Authors : menghapus nama pengarang.
2.       Restrict Editing : untuk membuat orang lain merasa terbatas mengedit dokumen.

h.      Grup OneNote :
1.     Linked Notes : menghubungkan dokumen dengan tampilan Microsoft Office OneNote.

8.      View :




a.       Grup Document View :
1.     Print Layout : memberi tampilan dokumen yang akan dicetak.
2.       Full Screen Reading : Membuat dokumen full layar dalam membaca.
3.         Web Layout : memberi tampilan dokumen dengan bentuk web.
4.         Outline : untuk memberi tampilan outline.
5.       Draft : untuk memberi tampilan seperti draft.

b.      Grup Show :
1.     Ruler : menampilkan atau menyembunyikan alat bantu penggaris.
2.       Gridlines : untuk menampilkan atau menyembunyikan alat bantu berupa kotak-kotak.
3.         Navigation Pane : untuk menampilkan atau
menyembunyikan alat bantu berupa arahan dalam mengerjakan dokumen.


c.       Grup Zoom :
1.     Zoom : menampilkan dokumen sesuai ukuran yang dipilih.
2.       One page : menampilkan dokumen satu-persatu.
3.         Tow pages : manampilkan dokumen dengan dua-dua.
4.         Page width : menampilkan lebar dari dokumen yang kita buat.

d.      Grup Window :



1.     New Window : menambah tampilan window baru.
2.     Arrang All : menyusun beberapa windows yang ada menjadi teratur.
3.     Split : memisahkan windows yang ada.
4.     View side by side : menampilkan windows secara bersebelahan.
5.     Synchronous Scrolling : mempermudah dalam meng-switch windows.
6.     Reset window positions : mengatur ulang ukuran atau letak dari window.
7.     Switch windows : mengganti tampilan pada window.

e.      Macros : menambah sebuah fitur yang berskala besar.


http://sakuonline.blogspot.com/2017/03/rahasia-terkini-merapu-penghasilan.html?m=1

Komentar